National English Centre
5 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

5 Alasan Mengapa Perlu Memiliki Kemampuan Bahasa Inggris

Meski penting, kemampuan bahasa Inggris terkadang masih diabaikan oleh sebagian orang. Entah karena selalu merasa kesulitan saat mempelajarinya atau sudah antipati terlebih dahulu karena malu, kemampuan bahasa Inggris akhirnya diabaikan begitu saja.
 
Padahal, saat ini hal tersebut sudah tak hanya lagi digunakan dalam dunia akademik. Hampir dalam semua bentuk pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari yang dilakukan, sedikit atau banyak, bahasa Inggris kerap muncul di dalamnya.
 
Lantas apa saja pentingnya memiliki kemampuan berbahasa Inggris? Berikut adalah lima di antaranya :

 
1. Bahasa berbagai bidang
 
Seperti disebutkan sebelumnya, dunia akademik bukanlah satu-satunya yang menuntut kemampuan bahasa Inggris. Beberapa bidang umum yang cukup populer seperti ilmu pengetahuan, komputer, turisme, hingga diplomasi, semuanya menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa utama dalam komunikasinya.
 
Maka dari itu, dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris, semakin menambah kesempatan seseorang untuk bisa bekerja di berbagai bidang yang memang mengutamakan bahasa tersebut sebagai syarat utamanya.
 
 
2. Digunakan di banyak negara
 
Selain digunakan di berbagai bidang pekerjaan, bahasa Inggris juga diketahui sebagai salah satu bahasa yang paling populer digunakan di dunia. Tercatat, sebanyak 53 negara di dunia menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resminya, serta sekitar 400 juta orang menggunakan bahasa tersebut sebagai bahasa pertama mereka.
 
 
 
3. Bahasa Internet
 
Kegunaan yang mungkin paling dekat adalah internet. Disadari atau tidak, banyak informasi dari laman-laman penting maupun portal berita disampaikan dalam bahasa Inggris. Meski mungkin ada opsi untuk mengubahnya ke bahasa Indonesia, namun hal tersebut terkadang tak bisa membantu saat akan melakukan interaksi dengan orang lain dari negara dan bahasa yang berbeda.
 
 
4. Relatif mudah untuk dipelajari
 
Dibandingkan dengan bahasa asing lainnya, bahasa Inggris terbilang cukup mudah untuk dipelajari karena masih menggunakan alfabet, bukan menggunakan karakter khusus. Meski terkadang beda dalam urusan pengucapannya, hal tersebut bisa diakali dengan cara latihan yang intensif.
 
 
5. Memudahkan komunikasi
 
Dengan mampu menggunakan bahasa Inggris, komunikasi dalam bentuk apapun juga akan relatif lebih mudah. Bayangkan, jika selama ini kita harus menggunakan laman penerjemah untuk memahami sebuah tulisan ataupun chat dari teman di luar negeri, dengan kemampuan menggunakannya kita sudah memangkas waktu yang diperlukan untuk memahami suatu informasi yang diterima.
 
 
Sumber : https://kumparan.com/@millennial/5-alasan-mengapa-perlu-memiliki-kemampuan-bahasa-inggris-1533554654068613900

Leave a Reply

Close Menu