National English Centre
English Camp Terbesar di NEC (Pembelajaran Berbasis Praktik yang Fun, Fluent, Friendly)

English Camp Terbesar di NEC (Pembelajaran Berbasis Praktik yang Fun, Fluent, Friendly)

Sejumlah 183 siswa-siswi Al Azhar berhimpun mengikuti acara English Camp yang diselenggarakan di Royal Safari Garden Hotel, Sabtu hingga Senin 13 s/d 15 Oktober 2018 lalu. Acara ini perdana diikuti oleh siswa SDI Al Azhar 13 Rawamangun. Semua siswa antusias mengikuti acara ini.

Kegiatan yang terselenggara selama tiga hari ini sangat beragam. Semua dilakukan dalam Bahasa Inggris. Mulai dari bangun tidur hingga peserta tidur kembali diwajibkan menggunakan Bahasa Inggris. Semua didampingi oleh mentor yang sangat friendly dan professional di bidangnya. Hal ini mendorong siswa untuk belajar dalam lingkungan yang dibentuk untuk belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari selama kegiatan berlangsung. Bahkan sejak keberangkatan dan dalam perjalanan menuju lokasi English Camp, mentor menggunakan Bahasa Inggris. Ini sangat memacu siswa untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan percaya diri. Siswa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan tutor untuk mengasah kefasihan komunikasi mereka (Fluent). Kemudian berlanjut ke teman sesama peserta. Pengalaman yang cukup berkesan yaitu NEC menghadirkan native speaker (penutur asli) yang spesial, mengapa?, karena native speaker memiliki latar belakang di dunia  pendidikan, berpengalaman  menghandle anak-anak dan seorang muslim. Peserta sangat tertantang untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dengan sang native speaker.

 Adapun beragam kegiatan Fun yang dilakukan peserta diantaranya yaitu berbagai games team building, storytelling, creative finger, dsb. Tidak hanya kognitif saja yang diasah di English Camp, namun juga seni, sosial, moral, disiplin dan religi. Pada sisi religi atau spiritual experience, siswa diuji untuk membawakan kultum dalam Bahasa Inggris usai Sholat berjamaah. Tugas kultum dirolling untuk beberapa siswa.

Adapun pembelajaran naturalis yang melibatkan siswa dengan fauna sekitar, misalnya menangkat dan mengamati serangga yang ada di lapangan berumput serta berkunjung ke taman safari dan mengenal serta berinteraksi langsung dengan satwa yang ada di sana. Anak diajarkan untuk peduli dengan alam dan belajar dari alam

Kegiatan English Camp kali ini diakhiri dengan berwisata ke Jungle Land. Kegiatan bebas dan refreshing bagi peserta. Wisata ke Jungle Land tetap dipandu oleh tutor dari NEC dan mendampingi mereka selama menikmati wahana yang ada disana. English Camp Al Azhar periode 13, 15 dan 16 Oktober 2018 berjalan dengan lancar.

Oleh: TM

Leave a Reply

Close Menu