National English Centre
Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia

Seorang guru adalah teman, filsuf, dan pembimbing yang memegang tangan kita, membuka pikiran kita, dan menyentuh hati kita. Kontribusi seorang guru tidak dapat diabaikan sama sekali. Di banyak negara di dunia, hari guru adalah hari istimewa di mana para guru sekolah, perguruan tinggi, dan universitas dihormati secara khusus. Tanggal bervariasi dari satu negara ke negara.

Hari Guru Sedunia yang diterima secara universal adalah 5 Oktober. Di India, Hari Guru dirayakan pada tanggal 5 September dan tradisi ini dimulai dari tahun 1962. Inilah saat Dr. Sarvepalli Radhakrishnan lahir. Dia adalah seorang filsuf, sarjana, guru, dan politisi dan pekerjaannya yang berdedikasi terhadap pendidikan menjadikan hari ulang tahunnya sebagai hari yang penting dalam sejarah India. Kami ingat karya besar orang yang patut dicontoh ini pada hari ini. Sebenarnya, pria ini, Dr. Sarvepalli Radhakrishnan adalah seorang guru yang ramah dan dia populer di kalangan murid-muridnya sebagai contoh dia selalu meletakkan di depan mereka. Jadi, suatu hari murid dan teman-temannya memintanya untuk mengizinkan mereka merayakan hari ulang tahunnya dengan cara yang mewah. Sebagai imbalannya dia mengatakan bahwa itu akan menjadi kebanggaan dan kehormatannya jika mereka merayakan ulang tahunnya sehubungan dengan semua guru. Dan sejak itu hari ini 5 September diperingati sebagai Hari Guru.

Sekarang, berbicara tentang seluruh dunia, Hari Guru Sedunia dirayakan pada tanggal 5 Oktober dan dimulai dari tahun 1994. Adalah UNESCO yang memulai tradisi ini. Fokus yang ditetapkan oleh UNESCO adalah untuk merayakan keterlibatan dan pencapaian para guru dan juga keunggulan yang mereka taruh di bidang pendidikan. Sekarang mengapa 5 Oktober diambil sebagai Hari Guru? Pada hari ini di tahun 1966, sebuah konferensi antar pemerintah khusus mengadopsi pengesahan UNESCO mengenai status guru. Mengapa Kita Merayakan? Mengajar adalah pekerjaan paling berpengaruh di dunia. Guru dikenal untuk membentuk pikiran remaja dan tanpa pengetahuan tidak ada yang bisa eksis di dunia ini. Guru memberi nilai baik pada anak-anak dan mengubahnya menjadi warga negara yang bertanggung jawab. Jadi, hampir setiap negara merayakan Hari Guru. Di India, kami merayakan hari ini pada hari ulang tahun Dr. Sarvepalli Radhakrishnan. Dia adalah seorang pria dengan banyak kualitas yang baik dan guru favorit di antara para siswa. Adalah permintaannya bahwa hari ulang tahunnya harus dirayakan sebagai hari yang terhormat bagi semua guru di negara ini, kalau-kalau ada seseorang yang ingin merayakan ulang tahunnya sama sekali. Singkatnya, kami merayakan Hari Guru karena guru telah menjadi arsitek masyarakat dan tanpa mereka tidak ada masyarakat yang bisa berjalan di jalur kemajuan.

Seorang guru sebagai orang tua, saudara, teman, dan juga role model yang hidup bagi siswanya yang akan membuat pengaruh yang besar pada kehidupan siswanya dimasa yang akan datang.

Ref: www.wikipedia.com

Leave a Reply

Close Menu