National English Centre
Ini Dia Penghambat Belajar Bahasa Inggris

Ini Dia Penghambat Belajar Bahasa Inggris

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar Bahasa Inggris?
seru, menyenangkan, tantangan, malu, atau bahkan takut?

Sudah banyak diketahui bahwa memiliki kemampuan berbahasa Inggris secara lisan maupun tulisan sangat berguna di era global sekarang ini. Tak hanya di tingkat internasional. Sejumlah kepentingan yang masih tergolong lingkup nasional juga membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris. Atau mungkin hanya untuk berlibur ke luar negeri. Tentu membutuhkan kemampuan Bahasa Inggris bukan?..

Banyak jalan untuk belajar Bahasa Inggris, baik di jalur formal seperti di sekolah, jalur non formal seperti lembaga kursus, maupun jalur informal yang bisa dipraktikan di kehidupan sehari-hari. Disamping itu banyak juga penghambat dalam belajar Bahasa Inggris. Diantaranya akan dibahas seperti di bawah ini:

  1. Tidak Ada Niat

Semua memang harus diawali dengan niat. Niat yang lurus lebih bisa dipastikan untuk mencapai keberhasilan. Misalnya saja dalam kehidupan sehari-hari, suatu waktu kita mendapat undangan untuk menghadiri sebuah seminar. Walaupun kita mendapat undangan spesial, tapi nyatanya kita tidak berniat untuk datang. Maka kemungkinan besar kita tidak akan hadir dalam seminar tersebut. Kecuali mungkin saja dalam keadaan terpaksa. Dari keterpaksaan itu, akhirnya tubuh kita sampai pada tempat dimana seminar digelar, tapi tidak dengan pikiran dan hati kita yang asyik berkelana.

Demikian juga untuk mau belajar Bahasa Inggris harus diawali dengan niat yang kuat. Ada kalanya sulit, tapi jika kita mau berusaha dan ingat niat awal kita untuk belajar, pintu kemudahan akan terbuka.

 

  1. Tidak Menyukai Bahasa Inggris

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak memahami. Hal ini berlaku juga dalam belajar. Dari awal sudah tidak suka dengan Bahasa Inggris. Lalu apa bisa menguasainya?

Mindset yang sudah negatif dan tertanam dalam diri kita, tentu sulit  menerima kemudahan-kemudahan untuk memahami Bahasa Inggris.  Oleh karena itu, ubah terlebih dahulu mindset negatif dari pikiran kita menjadi positif.

 

  1. Metode Belajar Yang Klasik

Ada beragam variasi metode belajar yang dapat diterapkan baik di dalam maupun luar kelas. Seperti yang sudah banyak diketahui, metode ceramah adalah metode belajar yang sangat klasik dan monoton. Mengapa? Karena metode belajar ini hanya satu arah yang terpusat pada guru atau tutor. Keaktifan siswa perlu ditumbuhkembangkan agar mereka juga mampu menyerap materi dengan lebih baik dan menyenangkan. Salah satunya yaitu dengan lagu ataupun permainan, juga aktivasi Bahasa Inggrismu dengan perbanyak praktik percakapan.

 

  1. Kurangnya Keberanian

Di sekolah Indonesia, Bahasa Inggris sudah diberikan sejak tingkat SD sampai perguruan tinggi. Tapi apakah kita dapat otomatis mengerti saat ada orang asing berbahasa Inggris menanyakan sesuatu di jalan?

Bisa saja kita membantu orang asing itu tersesat bukan? Namun kenyataannya justru kita sudah takut berhadapan dan bahkan menghindar. Apakah kita mau selamanya hanya memiliki kemampuan Bahasa Inggris pasif?

Tentunya ada keinginan kan untuk meningkatkan Bahasa Inggrismu?

Beranikan diri, dan praktikan. Don’t be afraid to make mistakes!

 

  1. Waktu Belajar Yang Tidak Berkelanjutan

Kebiasaan buruk masih banyak diterapkan dikehidupan sehari-hari khususnya pelajar – mahasiswa, yaitu belajar SKS (Sistem Kebut Semalam, Sejam, atau bahkan di menit-menit terakhir sebelum ujian). Belajar dengan pola seperti ini memang riskan sekali. Menempelkan materi di kepala sementara untuk digunakan sementara pula. Padahal tugas pelajar dan mahasiswa adalah belajar. Dan belajar itu tidak mengenal usia, karena belajar sepanjang hayat. Seperti pisau tajam, jika lama tidak digunakan maka akan tumpul. Begitu juga kemampuan kita, jika tidak pernah diasah atau digunakan akan tumpul. Luangkan waktu paling tidak 10-15 menit dalam sehari untuk belajar. Ini akan terus menjaga dan pastinya meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

Itulah beberapa hal yang dapat menghambat kita dalam belajar Bahasa Inggris. Kalau kamu yang mana?

Dengan mengetahui manfaat Bahasa Inggris tentu kamu akan pikir-pikir lagi untuk bermalas-malasan belajar, apalagi untuk mewujudkan mimpimu yang dalam prosesnya membutuhkan Bahasa Inggris. Ayo semangat kawan..!

 

Oleh: ATM

Leave a Reply

Close Menu