National English Centre
Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pembelajar Dewasa

Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Pembelajar Dewasa

Saat ini kita hidup dijaman mudah. Akses teknologi ada ditangan (gawai). Kemudahan dalam mencari info dan berita ada dijari kita. Termasuk dalam belajar Bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris, saat ini, memiliki variasi pilihan. Bagi mereka yang menyukai metode klasikal, bisa datang ke Lembaga kursus. Ada yang menawarkan paket belajar dengan harga menarik, dan ada juga yang menawarkan dengan metode yang menarik.

Pilihan dalam belajar pun bervariasi. Pembelajaran dikelas dengan metode baru (bagi mereka yang menyukai tipe klasikal), dan privat untuk mereka dengan aktifitas yang padat. Adapun bagi mereka yang merasa membutuhkan tambahan latihan diluar kelas, terdapat pilihan aplikasi yang dapat diunduh di app store.

Pembelajaran dengan aplikasi bukan hanya dominasi pembelajar dewasa. Anak-anak pun memiliki pilihan. Orang tua ada yang langsung mengunduhkan aplikasi pembelajaran di gawai anak mereka. Biasanya tujuan mereka agar anak bisa belajar sambil bermain.

Sebagai pengajar aktif di institusi non formal, saya beberapa kali menemukan pembelajar dewasa (usia kerja) dengan kemampuan Bahasa Inggris yang terbatas. Padahal, mereka sudah pernah terpapar Bahasa Inggris sebelumnya. Baik ketika belajar formal disekolah, maupun kursus di lembaga. Namun mereka tetap merasa kemampuan mereka masih kurang. Biasanya mereka mulai panik ketika mereka akan ditugaskan ke luar negeri atau mengikuti perhelatan internasional.

Saya tidak akan bicara tentang tips belajar atau metode pembelajaran. Anda bisa googling  atau datang ke lembaga kursus. Saya akan menulis dari sisi saya, pengajar.

Saya telah mengajar selama hampir 14 tahun. Selama itu pula, saya banyak bertemu pembelajar dewasa. Latar belakang mereka pun bervariasi. Ada yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun, dengan posisi yang baik. Namun terbentur dengan kemapuan bahasa Inggris. Bukan sekali dua kali mereka belajar. Namun belum ada perkembangan berarti. Bagaimana menghadapi pembelajar dewasa yang sepeertinya stagnan dalam belajar? Apakah ada metode terbaik untuk mengajar mereka?

Saya akan menjawab pertanyaan tersebut di tulisan saya berikutnya. Sekarang, saya akan berbagi  beberapa hal yang perlu kita ingat terkait pembelajar dewasa :

  1. Mereka membutuhkan akifitas yang sesuai dengan kebutuhan belajar mereka.
  2. Pastikan semua terlibat.
  3. Pengulangan adalah hal yang membantu.
  4. Tunjukkan perkembangan yang telah mereka capai.
  5. Ingatkan mereka untuk terus berusaha (belajar). Kesalahan adalah bumbu dalam belajar.
  6. Pastikan bahwa mereka sudah mengambil program yang sesuai kebutuhan.

Sampai disini dulu tulisan saya. In syaa Allah saya akan berbagi pengalaman lain dikesempatan lain. Keep up the good work, teachers. You make the world a whole lot different.

Disadur dari artikel “How to teach ESL to adults”.

Penulis: Nugraheni Adiningsih

Penulis adalah pengajar aktif di National English Centre untuk Bahasa Inggris kesehatan.

Leave a Reply

Close Menu