National English Centre

Praja IPDN Mengikuti Program Student Exchange dan Experiential Learning di Kuala Lumpur Malaysia

Sembilan Praja tingkat akhir terpilih untuk mengikuti program Student Exchange yang berlangsung selama 6 hari di Malaysia. Program yang terselenggara atas kerjasama IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri ) dan NEC ( National English Centre )  ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi praja. Aktifitas yang dilakukan selama enam hari adalah Sit In, Educational Visit dan Experiential Learning.Melalui program sit in praja IPDN dapat merasakan pengalaman mengikuti kuliah di kampus International Islamic University Malaysia (IIUM) yang berlokasi di Selangor Malaysia. Mata kuliah yang dikuti juga sesuai dengan bidang keilmuan praja yaitu Ilmu Pemerintahan. Praja dengan leluasa berdiskusi serta bertukar wawasan dengan mahasiswa IIUM yang tentunya dengan menggunakan pengantar bahasa Inggris. Aktifitas ini adalah merupakan salahsatu metode pembelajaran bahasa Inggris yang efektif yang disebut dengan experiential learning, yaitu metode belajar bahasa dengan menggunakan konteks atau tema tertentu. Kunjungan ke IIUM juga dalam rangka untuk menjajaki kerjasama lebih lanjut antara IPDN dan IIUM.

Selain berkunjung ke IIUM Praja juga berkunjung ke University of Malaya dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Malaysia diantaranya, Museum of Malaysia, Islamic Art Museum of Malaysia dll. Kunjungan praja ke Malaysia menjadi semakin bernilai karena bertepatan dengan baru saja selesainya pelaksanaan pemilu di Malaysia dimana terpilihnya Mahatir Muhammad sebagai Perdana Menteri ke tujuh. Peristiwa ini tentunya menjadi nilai positif tersendiri bagi Praja selama melaksanakan kunjungan di Malaysia.

Diakhir program Praja ditugaskan untuk membuat laporan kegiatan terkait output dan outcome yang diperoleh selama program berlangsung. Semoga Praja dapat memperoleh banyak manfaat dari pelaksanaan program ini baik secara keilmuan terkait ilmu pemerintahan dan pembelajaran bahasa Inggris.

Penulis : RR

Editor : AKU

Leave a Reply

Close Menu