National English Centre
Press Release English Camp NEC Cabang Utan Kayu @KM Zero, Sentul

Press Release English Camp NEC Cabang Utan Kayu @KM Zero, Sentul

Pekan lalu NEC perdana mengadakan open trip program English Camp tepatnya pada hari Sabtu-Minggu, 20-21 Oktober 2018. Peserta terdiri dari siswa internal NEC dan non siswa NEC mulai dari kelas 4 SD hingga 8 SMP. Kegiatan English Centre kali ini diadakan di KM Zero Resort, Sentul, Bogor.

Suasana pelatihan yang menyenangkan akan membuat peserta nyaman dalam belajar. Seperti kegiatan English Camp sebelum-sebelumnya, tak hanya belajar untuk mengasah kognitif saja, kegiatan ini juga melatih siswa untuk mengasah kemampuan social, moral, religi, norma, keberanian, psikomotoric dan afektif. Mulai dari disiplin dalam jadwal yang telah disusun sedemikian rupa oleh panitia, juga disiplin diri dari bangun tidur, misalnya peserta dihimbau untuk merapikan tempat tidurnya masing-masing, kemudian tertib dalam mengantri giliran saat ke toilet atau saat makan dan hingga waktunya tidur kembali.

Peserta dilatih untuk membawakan kultum dengan Bahasa Inggris usai Sholat berjamaah. Aktifitas ini mengasah keberanian, wawasan peserta pada sisi agama.  Kegiatan dilanjutkan dengan Story Telling dimana peserta diajarkan oleh mentor bagaimana cara yang baik dalam bercerita dengan menggunakan gambar, kreativitas dan kecepatan berpikir sangat dilatih di sesi ini.

Adapula aktivitas seru lainnya, yaitu Selling Product. Dengan menerapkan model belajar bermain peran, mereka mempraktikan kegiatan jual beli. Pemeran penjual harus bisa menjelaskan terkait harga, komposisi, manfaat dan keunggulan produknya juga bargaining antara penjual dan pembeli.

Kegiatan asah kreativitas lainnya yaitu Colour Your Idea, peserta menggambar di sebuah media yaitu kertas dan jari tangan mereka sebagai kuasnya. Mereka menggambarkan apapun yang diinginkan. Ini merupakan bentuk ekspresi diri. Selanjutnya mereka harus bisa mendeskripsikan gambar tersebut kepada mentor.

Pada hari kedua saatnya peserta sebagian besar menghabiskan waktunya untuk jadwal kegiatan Team Building dan Outdoor Games. Kegiatan ini sangat mengasah psikomotorik dan cara mereka menyusun strategi. Kemudian menuju siang hari, dilanjutkan kegiatan Fun English. Mentor memberikan materi tentang process atau procedure yaitu bagaimana cara membuat makanan. Mentor meminta peserta untuk mempresentasikan terkait proses atau langkah-langkahnya. Di akhir acara, mentor memotivasi para peserta untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam interaksi sehari-hari.

 

Oleh: TM

Leave a Reply

Close Menu