Program Bahasa Inggris Recomended, Pilih Sesuai Kebutuhanmu!

Program Bahasa Inggris Recomended, Pilih Sesuai Kebutuhanmu!

Mungkin pikiran yang sering mengusik seseorang yang sudah lama belajar Bahasa Inggris adalah, “Saya sudah belajar bahasa Inggris sejak sekolah dasar, tapi saya masih belum bisa berbicara dengan fasih, perbendaharaan kata saya masih kurang dan grammar membuat saya sakit kepala.” Apakah pernyataan tersebut sering Anda dengar? Atau Anda adalah salah satu dari mereka yang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk belajar Bahasa Inggris namun hasilnya masih kurang memuaskan?

Kebutuhan Bahasa Inggris sudah tidak perlu diperdebatkan lagi di era global dan komputerisasi seperti sekarang. Seberapa pun pintarnya seseorang, namun jika kemampuan Bahasa Inggrisnya tidak berkompeten, maka kemungkinan besar ia akan dikalahkan oleh para pesaing yang memiliki kelebihan dalam hal bahasa asing. Contoh saja: persaingan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri, persaingan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, S2 dan S3, yang butuh skor TOEFL dengan nilai tertentu, peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, promosi jabatan, dan lain-lain.  Semua kesempatan-kesempatan mereka di masa yang akan datang boleh jadi sulit tercapai di kala mereka tidak menguasai bahasa asing, terutama bahasa internasional yakni Bahasa Inggris.

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh seseorang yang sedang belajar suatu bahasa asing adalah ia berpikir bahwa ia dapat mengakuisisi bahasa tersebut dengan instan dalam waktu sesingkat-singkatnya dan hanya dari mempelajari teori, tanpa mempraktikkannya. Bahasa tumbuh seiring dengan perkembangan kehidupan suatu individu, bahasa yang dipelajari harus terus digunakan, digali dan akhirnya dikuasai jika ingin mencapai target belajar yang diharapkan.

Program Bahasa Inggris Sesuai Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, begitu juga ketika Anda memutuskan untuk belajar Bahasa Inggris di suatu kursus. Anda yang masih awam dengan Bahasa Inggris mungkin akan memilih program GE (General English) sebagai permulaan, bagi yang ingin mengasah kecakapan berbicara pasti lebih tertarik untuk mengambil kelas Conversation, dan bagi Anda yang sedang dikejar target nilai tes seperti TOEFL, TOEIC dan IELTS, kelas Preparatory sudah pasti menjadi pilihan.  Belum lagi kebutuhan program anak-anak yang sangat penting untuk menunjang kemampuan Bahasa Inggris mereka sejak dini.

Program General English atau biasa disingkat GE adalah pilihan yang tepat untuk seluruh kalangan. Semua level di dalam GE didesain sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan Bahasa Inggris umum yang berkembang dari mulai level Basic, Intermediate, dan terakhir Advanced. Program ini cocok baik bagi Anda yang ingin belajar dari awal tingkat rendah maupun untuk Anda yang ingin memperdalam Bahasa Inggris pada level yang sesuai dengan kemampuan Anda. Di dalam program ini Anda akan terus menginput dan mengembangkan perbendaharaan kata serta tata bahasa yang Anda pelajari sesuai dengan tingkat di mana Anda berada, semakin tinggi levelnya, maka semakin kompleks juga kosakata dan grammar yang harus Anda kuasai. Anda juga akan melatih skills penting dalam Bahasa Inggris yaitu: speaking, listening, reading, dan writing.   

Program Conversation adalah program yang memfasilitasi Anda yang ingin memperlancar kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris. Pada lembaga kursus National English Centre, kelas Conversation disebut dengan MEC (Modern English Conversation). Dalam kelas Conversation, Anda akan mengasah kemampuan mengolah kata dan tata bahasa di dalam percakapan atau speech. Inilah kesempatan Anda untuk berlatih sungguh-sungguh, lebih awal dilakukan lebih baik. Para tutor Anda akan menjadi pelatih yang Anda butuhkan, mereka akan mengemas kelas guna mendorong Anda untuk mengerahan seluruh skills Bahasa Inggris  yang telah Anda pelajari sebelumnya. Pertama-tama, mungkin Anda akan merasa kesulitan dan malu-malu, rahasianya adalah: itu normal, di sini kuncinya adalah pembiasaan. Jika Anda terbiasa melakukan hal-hal yang Anda pikir sulit, maka sinyal otak Anda lama-lama akan mengirim pesan ke seluruh tubuh termasuk lidah, bahwa  Anda sudah bisa menguasinya. Sudah banyak peserta kursus yang terlihat malu-malu di awal, tapi kemudian pada tingkat akhir mereka sudah bisa berakap-cakap dan bahkan melakukan presentasi dengan Bahasa Inggris dengan peraya diri.  

Program Preparatory, khususnya TOEFL Preparatory, menjadi salah satu program favorit terutama bagi kalangan akademis dan profesional yang sedang membutuhkan skor TOEFL dengan nilai tertentu guna memenuhi persyaratan minimum yang diajukan lembaga di mana mereka ingin bergabung di dalamnya, sebut saja: universitas terbaik atau sekolah-sekolah di luar negeri, perusahaan bonafide yang sedang mengadakan perekrutan karyawan baru, tidak ketinggalan lembaga atau badan usaha pemerintah yang mensyaratkan nilai TOEFL sebagai salah satu persyaratan lulus tes masuk CPNS. Beberapa dari mereka juga ada yang bergabung dengan program TOEFL Preparatory hanya karena ingin berlatih TOEFL sejak dini agar mereka terbiasa mengerjakan tes yang terkenal sulit tersebut. Mereka terpacu untuk berlatih mencapai target skor yang diinginkan tanpa harus dikejar tenggat waktu yang sempit. Di dalam kelas yang biasanya hanya terdiri dari beberapa orang saja ini, Anda akan dilatih untuk menjawab soal-soal TOEFL dari sumber akurat dan terpercaya. Skills seperti listening, grammar, dan reading, akan diulas dan di jelaskan secara detail oleh tutor, inilah kesempatan Anda untuk bertanya mengenai materi yang tidak Anda mengerti, suatu kelebihan yang tidak dimiliki mereka yang belajar TOEFL secara otodidak tanpa pembimbing. Di lembaga kursus NEC sendiri, program TOEFL Preparatory menjadi salah satu yang diminati, dan dengan fasilitas yang memadai, institusi ini juga dipercaya lembaga ITP untuk mengadakan tes TOEFL secara berkala.

Program Bahasa Inggris untuk remaja dan anak-anak  menjadi sangat vital mengingat di era global, persaingan mereka nantinya bukan hanya dengan sesama bangsa sendiri, melainkan juga dengan anak-anak  negeri seberang yang sudah menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu kedua. Mereka adalah pesaing-pesaing yang tidak bisa dianggap remeh dalam memperebutkan seluruh kesempatan kerja dan pendidikan di masa depan. National English Centre (NEC) memiliki dua program yang terintegrasi yaitu IEC (Islamic English Club) untuk anak-anak dan ETC (English Teens Club) untuk remaja, kedua program yang memiliki kurikulum Cambridge ini merupakan program yang meningkatkan Bahasa Inggris secara kualitatif dan kuantitatif. Selain proses pembelajaran di kelas kursus, program ini juga dapat di terapkan di sekolah-sekolah sebagai tambahan pelajaran atau program ekstrakurikuler. Program IEC dan ETC sejak dini mengakomodir kebutuhan akuisisi kosakata Bahasa Inggris (vocabulary) dan tata bahasa (grammar) untuk anak-anak dan remaja agar mereka terbiasa menggunakannya seiring dengan perkembangan kemampuan siswa dalam berbicara, membaca, mendengar, dan menulis dalam Bahasa Inggris. Mereka yang mengambil kursus tidak akan merasa kesulitan menghadapi pelajaran bahasa Inggris di sekolah. Namun, tidak hanya sampai membangun kemampuan dari segi Bahasa saja, NEC juga berkomitmen untuk menanamkan nilai-nilai islami yang akan membentengi mereka dari budaya asing yang tidak sesuai dengan ajaran agama, ini merupakan sebuah nilai plus yang sangat dijunjung di dalam lembaga tersebut.     

 Program Unggulan Khusus

Program English for special purposes sedang menjadi tren saat ini, program-program tertentu yang melayani permintaan khusus, menjadi sangat luas pasar dan minatnya. Bahasa Inggris yang dipelajari pada program-program ini lebih diarahkan secara spesifik untuk kompetensi sesuai dengan bidang profesi atau pekerjaan perserta kursus. National English Centre juga memiliki program Bahasa Inggris terkhusus seperti BEST, HELP dan Immersion.

BEST (Bilingual Educational System) memiliki suatu rancangan desain yang diterapkan untuk membangun sebuah sekolah atau institusi menjadi sebuah lembaga yang memiliki sistem bilingual, sekolah bilingual merupakan sekolah yang memiliki dua bahasa dalam pengantar ilmu dan subjek mata pelajarannya, sekolah ini juga adalah cikal bakal dari sekolah internasional.     

HELP (Healthare Learning Program) adalah program Bahasa Inggris yang khusus diperuntukkan bagi siswa akademi keperawatan, kebidanan dan program studi kesehatan lainya. Program ini meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris dibidang kesehatan demi memenuhi standar tinggi praktisi medis dalam bidang kesehatan yang juga penuh dengan kesempatan serta persaingan di masa depan.

Immersion atau program imersi merupakan program jangka pendek yang akan memberikan fasilitas dan akomodasi Bahasa Inggris sesuai dengan permintaan klien. Program ini bisa diadakan di dalam negeri dengan mengadakan English Camp di daerah-daerah  pilihan, atau pun di luar negeri seperti mengadakan tur kunjungan ke sekolah-sekolah di Singapura atau Australia. Sembari menambah ilmu dan wawasan, selama menjalankan program ini, seluruh peserta harus berkomunikasi dengan Bahasa Inggris yang membuat suasana menjadi kondusif sebagai  tujuan utama diadakannya agenda imersi yang telah disepakati.

Program-program Bahasa Inggris tersebut dibuat agar konsumen dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Belajar Bahasa Inggris sama sekali tidak sulit. Jika Anda menemukan sebuah kursus yang bagus dengan program yang tepat sasaran, maka Anda akan mengeksplorasi kemampuan Bahasa Inggris Anda dengan efisien dan efektif. Pada saat nya nanti,  Anda dengan sendirinya akan suka mengingat vocabulary dan mengolah grammar, Anda akan tahu Anda mampu berkomunikasi, membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris, dan akhirnya Anda akan menjadi versi dari diri Anda yang lebih baik.  

Leave a Reply