Tips Bagi Anda Yang Bepergian Ke Luar Negeri Tapi Belum Menguasai Bahasa Inggris

Tips Bagi Anda Yang Bepergian Ke Luar Negeri Tapi Belum Menguasai Bahasa Inggris

Minim kosakata bahasa Inggris? Belum mahir menggunakan bahasa Inggris ke luar negeri? Ketika anda memutuskan pergi ke luar negeri, apa yang anda bayangkan tentang sesudahnya? Pasti bahasa.

Kemanapun tujuan kita, komunikasi merupakan alat paling utama untuk menyampaikan maksud dan tujuan seseorang. Terutama bagi anda yang sedang ke luar negeri namun belum menguasai bahasa Inggris pasti akan sangat kebingungan. Namun, jangan khawatir. Ada banyak tips menguasai bahasa Inggris dengan sangat mudah.

Sebelum anda mampu menggunakan tips menguasai bahasa Inggris, mari ketahui tips ketika sedang atau akan ke luar negeri tapi bingung harus ngomong apa karena masih terkendala bahasa Inggris yang minim. Seperti yang kita ketahui, mampu berbahasa Inggris di luar negeri merupakan salah satu modalnya. Tetapi, ada cara mudah bagi anda yang belum mahir berbahasa Inggris tetapi ingin atau sedang berada di luar negeri.

Berikut tips bepergian ke luar negeri tapi belum mahir menguasai bahasa Inggris:

1. Bawa kamus

Tips bepergian ke luar negeri dengan kamus bisa menjadi alternatif ketika sedang berada di luar negeri. Kamus juga menjadi barang wajib yang harus senantiasa dibawa. Anda bisa mencari arti kata bahasa dalam kamus. Bawalah kamus dalam bentuk buku kecil yang efisien namun praktis. Secara langsung, kamus juga memberi kesempatan bagi anda untuk mau membacanya lebih.

2. Unduh aplikasi translate

Tak ingin repot dengan kamus, teknologi canggih masa kini bisa anda gunakan. Selain mudah dan praktis salah satu aplikasi translate bisa sangat bermanfaat ketika anda sedang berada di luar negeri. Anda bisa mengunduh aplikasi translate di ponsel atau smartphone anda dan gunakan setiap kali anda membutuhkan bantuan translate bahasa. Bila anda belum paham tentang pelafalan bahasa, anda bisa memberikan langsung translate ke lawan bicara agar mereka bisa membaca dan mengartikan maksudnya.

3. Bawa peta

Bila anda masih bingung kemana tujuan berkunjung di luar negeri akan berakhir, anda bisa gunakan peta. Peta akan membantu anda menunjukkan arah atau lokasi, selanjutnya anda bisa bertanya langsung kepada orang yang anda temui dimana lokasi tujuan anda dengan menunjukkan peta pada mereka. Dengan begitu anda akan paham dimana lokasi anda berada dan jalan mana yang bisa anda lalui.

4. Foto tempat tujuan

Foto terlihat lebih simpel lagi. Pastikan memiliki foto-foto tentang tempat tujuan anda ke luar negeri. Anda bisa gunakan foto untuk menunjukkan dan bertanya langsung kepada orang yang anda temui. Bila kebetulan orang yang anda jumpai penduduk setempat maka mereka akan mudah mengetahui dimana tempat yang anda ingin kunjungi.

5. Bahasa isyarat

Kalau anda mendadak tidak membawa bekal yang bisa anda bawa seperti anda atau peta, anda bisa gunakan bahasa isyarat yang mudah. Anda bisa menunjukkan benda atau melakukan gerakan yang ingin anda tanyakan. Misalnya bila ingin membeli minuman “merek ini”, anda bisa menunjukkan jenis minuman apa yang ingin anda beli. Dan bila ingin menawar, anda juga bisa menggunakan bahasa isyarat seperti menunjukkan nominal uang dan sebagainya.

6. Kalkulator saat belanja

Berbelanja adalah hal paling menyenangkan terlebih ketika sedang berada di luar negeri. Bila anda mau, bisa menggunakan cara menawar dengan kalkulator. Ketika anda berada di pasar tradisional, jangan khawatir untuk melakukan tawar menawar. Inilah hal paling menyenangkan.

Setelah memahami apa saja tips bepergian ke luar negeri tapi belum mahir menguasai bahasa Inggris diatas, berikut tips menguasai bahasa Inggris:

1. Belajar Listening (mendengarkan)

Tips menguasai bahasa Inggris pertama adalah listening. Belajarlah mendengarkan kalimat atau kata-kata berbahasa Inggris. Latih pendengaran anda karena seperti yang kita tahu, mendengarkan ucapan berbahasa Inggris tidak semudah yang dibayangkan.

2. Menguasai vocabulary (kosakata)

Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris anda dengan mempelajari kosakata-kosakata bahasa Inggris baru. Anda bisa mencarinya di kamus, buku-buku, artikel dan masih banyak lainnya.

3. Belajar grammar (struktur kalimat)

Selanjutnya pelajari struktur kalimat agar orang asing yang anda ajak bicara paham maksud yang anda sampaikan.

4. Belajar converstation (bicara)

Mulai latih ucapan. Tidak sedikit dari kita yang mempelajari kata atau kalimat baru pasti salah dalam melafatkan. Jangan menyerah, anda bisa gunakan media audio untuk melatih pendengaran lalu ulangi apa yang diucapkan penutur aslinya.

5. Gunakan media

Ada banyak media yang bisa anda gunakan untuk dapat menggunakan tips menguasai bahasa Inggris. Anda bisa menggunakan media seperti CD, radio, televisi, internet, buku-buku atau artikel.

6. Hunting buku

Bila anda punya cukup uang untuk membeli beberapa buku untuk memudahkan anda menguasai bahasa Inggris, lakukanlah. Carilah buku-buku yang efektif dan bermanfaat untuk melatih skill bahasa inggris anda.

7. Les kelas conversation

Tips menguasai bahasa Inggris terakhir adalah, anda juga bisa manfaatkan les atau perkumpulan orang-orang yang cinta bahasa Inggris. Belajarlah dimana /kapanpun berada, dan jangan malu untuk praktikkan.

Sumber :http://carabisabahasainggris.com/tips-bagi-anda-yang-bepergian-ke-luar-negeri-tapi-belum-menguasai-bahasa-inggris

Leave a Reply