Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

Cara Asyik Belajar Bahasa Inggris

Zaman sekarang kita berada dalam lingkungan “baru” di mana hampir semua bagian hidup kita dikelilingi oleh kegiatan atau kondisi yang penuh dengan aneka bahasa asing yang secara tidak sadar dan lama-kelamaan membuat kita terbiasa dengan kondisi tersebut. Contoh, ketika kita masuk ke toko maka akan ada tulisan Open atau Close yang memberi kita petunjuk tentang kedua kata tersebut. Selain itu ungkapan lain sudah menjadi padanan kita sehari-hari seperti subscribe, download, password, delete, enter, email, log in, register, Open Order, Cash On Delivery” Lalu, apakah kita akan terpaku pada kondisi saat ini tanpa berusaha memperbaharui kemampuan berbahasa kita ke arah lebih baik. Apa saja yang bisa kita tingkatkan, untuk mendapatkan ilmu juga sekaligus bisa mempraktikkan bahasa tersebut di kehidupan sehari hari?

“Ala bisa karena biasa”, atau “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui” adalah dua pepatah yang sebenarnya memberikan motivasi kepada siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan diri di bidang apa pun termasuk menguasai bahasa asing. Semakin banyak kita berinteraksi dengan bahasa asing tersebut maka semakin mudah kita memahami arti dan maksudnya dalam sebuah ungkapan. Nah, bila ini sudah menjadi “budaya” kita maka alangkah baiknya jika kita bisa menambah lagi kegiatan lain yang tentunya mengasyikkan karena bidang ini sudah kita anggap sebagai playground kita atau tempat bermain yang membuat kita betah dan berlama lama serta nyaman dan akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

Lalu, apakah ada cara belajar bahasa asing, misalnya bahasa Inggris yang mudah serta asyik yang hasilnya adalah keberanian  menyampaikan pesan kepada  lawan bicara kita? Berikut beberapa hal yang bikin belajar bahasa Inggris jadi lebih asyik dan dua pepatah di atas menjadi jaminan kebenarannya.

Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sudah menjadi bagian hidup kita sehari hari. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris bisa dipelajari dan juga  dilatih melalui sarana-sarana yang bertebaran di berbagai  tempat atau media. Beberapa tips yang perlu diperhatikan agar belajar bahasa asing menjadi menyenangkan. Pertama, tentukan tujuan belajar (strong why) kita, kedua kepercayaan diri yang membuat motivasi belajar meningkat. Ketiga pembiasaan kegiatan belajar bahasa asing sebagai good habits. Sebagai contoh, belajar bahasa Inggris akan menyenangkan karena kita bisa melatih kata, memperbanyak kosakata dengan cara mendengarkan lagu, menonton film atau drama (Listening), bernyanyi atau dialog (Speaking), membaca nyaring (Reading) dan juga menulis cerita sehari hari (Writing). Banyaknya pilihan tempat kursus, buku buku, juga media daring memberikan keleluasaan kita untuk mempelajarinya. Lebih dari itu, kita pun bisa mengakses media daring sesuai dengan kebutuhan target belajar kita. Apa saja yang bisa kita lakukan untuk bisa berbahasa Inggris dengan cara asyik juga mudah? Berikut penjelasannya.

  1. Lembaga Pendidikan Bahasa

Banyak calon pembelajar lebih nyaman bila mereka ditemani oleh Instruktur bahasa Inggris. Mereka dapat berdiskusi atau bertanya seputar topik bahasa Inggris yang sedang dipelajari. Pilihan program disediakan oleh penyelenggara kursus agar calon pembelajar lebih leluasa dengan kebutuhannya. Pilihan hari juga jam belajar merupakan kenyamanan lainnya agar para pembelajar tidak tergesa-gesa menyiapkan diri sebelum masuk kelas dan akan merasa nyaman ketika belajar. Kelebihan lain dari lembaga kursus ini adalah adanya evaluasi yang dapat mengukur kemampuan pembelajar di akhir level dan mendapat pengakuan prestasi selama belajar di tempat kursus. Layanan konsultasi pun diberikan untuk mendukung kegiatan belajar dan memberikan motivasi lain karena adanya bimbingan di luar jam belajar. Suasana belajar pun menjadi dukungan lain bagi mereka yang ingin segera mempraktekkan ilmunya dengan insruktur dan teman belajar lain di kelas.

  • English Club

Fasilitas belajar dengan bergabung di sebuah perkumpulan (klub) merupakan sarana yang tepat bagi kamu yang ingin melatih kepercayaan diri (Self confidence) dalam berbahasa Inggris dengan suasana informal dan santai. Pendekatan pertemanan menjadi kunci kesempatan kamu untuk memulai berbahasa dengan adanya peraturan yang membiasakan anggota klub untuk berbahasa asing. Ditambah, tema dan aneka topik yangbervariasi serta memudahkan, suasana belajar pun  memotivasi para anggota klub untuk peran aktif dalam kegiatan diskusi, tanya jawab, bermain peran, drama, bermain kelompok atau mengikuti lomba seperti singing contest, poetry contest, newscasting, storytelling, smart and quick atau lomba bahasa Inggris lainnya. Suasana persahabatan dalam klub juga membantu kamu.

  • Aplikasi

Aplikasi yang popular di kehidupan masyarakat modern saat ini memberi kemudahan penggunanya untuk mendapatkan materi pembelajaran. Dengan cara mengnduh di play store atau google play, para pengguna bisa memilih aplikasi yang ingin dilatih. Bagi mereka yang sibuk dan sulit mendapatkan jadwal pasti untuk ikut belajar bahasa Inggris, maka aplikasi bahasa Inggris bisa menjadi pilihan. Banyak aplikasi yang menawarkan program bahasa Inggris khususnya percakapan. Kelebihan aplikasi ini adalah banyak yang menawarkan free of charge atau gratis hanya dengan mengunduh aplikasi yang dipilih dan mengikuti programnya, maka kamu punya keleluasaan untuk mengatur waktu dan target bahasa dalam kurun waktu tertentu.

  • Media online

Berbagai media online bisa mudah kita akses melalui daring dan kemudahan memilih website yang tentunya dengan kebutuhan kamu yang ingin belajar, maka pilihan study webbased menjadi pilihan. Ada banyak latihan serta test yang diberikan setelah belajar atau ada pula kolom konsultasi bagi kamu yang ingin membahas proses dan kemajuan belajar.

Media online lain yang mengundang kamu bergabung di aplikasi Whats application pun menjadi mudah karena kamu akan dibimbing oleh intstruktur bahasa Inggris dan kamu mendapat monitoring secara berkala. Walaupun berbiaya, tetapi program  ini tetap lebih murah dan ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan selain topik pembelajaran juga pertemanan.

Keempat pilihan di atas adalah cara-cara asyik bagi siapa saja yang ingin belajar serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Dengan tetap menjaga motivasi untuk terus belajar, maka pilihan yang sudah kita pilih akan menjadi “playground” dan menjadi sarana atau cara menuju sukses berbahasa. Ingat kedua pepatah di atas dan buktikan sendiri bila sukses itu perlu motivasi, metode dan proses. Ditambah dengan lingkungan yang mendukung serta motivasi dari lingkungan sekitar maka tunggu apa lagi, buat kamu yang ingin belajar serta meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya ada berbagai tempat kursus yang memberikan kenyamanan belajar seperti NATIONAL ENGLISH CENTRE yang dapat menyesuaikan kebutuhan bahasa Inggris dengan kondisi masing masing pembelajar. Untuk memberikan latihan dan praktek 4 skill berbahasa Inggris, media online memberikan banyak variasi model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik untuk belajar, berlatih bahkan untuk latihan soal. Seperti kata pepatah bahasa Inggris, “Where there is a will, there is a way”.

Leave a Reply